Pada CorelDRAW x6 dan x7 sudah disediakan perintah Overlay, objek
yang diefek overlay sendiri akan terlihat apabila menimpa objek gambar,
sebagai contoh gambar dibawah ini, sebelum dan sesudah di timpa gambar
tekstur yang di beri efek overlay;
Adapun untuk menggunakan perintah overlay langkahnya sebagai berikut;
1. Siapkan gambar bitmap atau foto apa saja sebagai objek yang akan di edit dengan cara Import
atau Drag and Drop ke area kerja CorelDRAW, setelah itu aktifkan Objek
Manager untuk mengatur Layer dengan cara pada Menu Bar > Window >
Dockers > Object Manager;
2. Seleksi objek dan pijit Tombol Copy di Property Bar;
3. Pijit Rool-down Docker untuk membuka menu Object Manager;
4. Pijit Object Manager Options untuk membuka menu Objek Manager;
5. Pilih New Layer untuk membuat layer baru;
6. Sehingga akan muncul layer baru pada Objek Manager, dengan nama Layer
2, warna merah berarti layer tersebut aktif, pijit tombol Paste di Property Bar atau tekan Ctrl+V di keyboard, sehingga muncul objek bitmap yang sama dengan objek pertama pada Layer 1;
7. Langkah selanjutnya, Import tekstur pada Layer 2, sebagai contoh
disini berupa gambar bitmap tekstur retak, edit dulu untuk mempertajam
gambar dengan perintah Brightness/Contrast/Intensity... atau Ctrl+B di keyboard;
8. Objek tekstur retak disini pada Layer 2 dengan nama Objek 1;
9. Objek tekstur dalam keadaan terseleksi, pada Toolbox klik menu Transparency tool,
arahkan mouse di atas objek tekstur retak dan drag kesamping, trus pada
Property Bar atur seperti yang dilingkari merah yaitu ubah sebagai
berikut: Uniform > Overlay > 0
10. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini;
11. Selanjutnya masih tetap pada Layer 2, seleksi objek tekstur retak (Objek 1) dan objek foto pak tua (Bitmap);
12. Setelah terseleksi kedua objek tersebut, pada Menu Bar > klik Convert to Bitmap...
13. Atur seperti dibawah ini, Convert to Bitmap disini kita sesuaikan
dengan color mode yang kita kerjakan, disini kita menggunakan color mode
RGB, klik OK, sehingga kedua objek bitmap tersebut akan menjadi satu
objek bitmap;
14. Lakukan seperti langkah nomor 9, yaitu Transparency tool;
15. Tapi pada Property Bar, atur atau setting seperti dibawah ini, yaitu: Radial > Normal > 0
16. Untuk mengubah menjadi satu layer caranya seleksi semua objek dengan
Ctrl+A dan lakukan seperti langka nomor 12 dan 13, sehingga hasil akhir
seperti gambar dibawah ini yaitu orang tua bermuka codet,
0 komentar:
Posting Komentar